PELATIHAN PENGENALAN PRINSIP DASAR PEKERJA SOSIAL BAGI LKS

Kepala Dinas Sosial, Dr. H. Ahsanul Khalik, S.Sos.,MH membuka kegiatan pelatihan Pengenalan Prinsip Dasar Pekerjaan Sosial bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) / Pontensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di Lombok Raya Hotel, Rabu 24 Agustus 2022.

Dalam acara itu, Kepala Dinas Sosial, Dr. H. Ahsanul Khalik, S.Sos.,MH menyampaikan bahwa LKS harus mampu mengoptimalkan tugas dan tanggung jawab kerja-kerja sosialnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, dan kepentingan-kepentingan terselubung lainnya.

LKS juga perlu membangun jaringan kerja sama dengan para stakeholder lainnya atau membuka ruang bagi peran PSKS (CSR, Baznas, Dunia Usaha, NGO) sehingga tidak semata bergantung pada bantuan pemerintah. Dengan menunjukkan kerja sosial yang tulus, ikhlas serta profesional dengan pengelolahan LKS, maka dengan sendirinya potensi sumber daya lainnya akan memberikan bantuan kepada LKS tersebut untuk bersama-sama memberikan pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

Hal ini selaras dengan misi NTB Mandiri dan Sejahtera, yaitu salah satu bagaimana membangkitkan LKS mandiri berbasis masyarakat. Pemerintah mendorong untuk perbaikan tata kelola LKS dan memberikan bantuan fasilitas seperlunya, tapi tidak menjadikan LKS bergantung penuh pada peran pemerintah.

LKS perlu mendorong partisipasi PSKS yang ada di sekitar LKS serta tidak perlu memaksakan kehendak pemerintah untuk memperoleh bantuan. Demikian juga sebaliknya bahwa pemerintah tidak dalam ranahnya mengarahkan LKS untuk suatu kepentingan tertentu.

Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB juga menambahkan bahwa dalam mengoptimalkan pelayanan kesejahteraan sosial yang diselenggarakan oleh masyarakat ( Yayasan/LKS/Orsos) perlu mewarisi prinsip kerja sosial kenabian /rasul yang mengutamakan membangun stuktur masyarakat yang kuat untuk memperhatikan kaum miskin, anak terlantar dan kaum dhuafa dengan kerja keras yang ikhlas dan tulus. Dari hal itu, maka dengan sendirinya akan mengundang perhatian semua pihak untuk mengambil bagian dan bekerja sama dalam memberikan pelayanan bagi kesejahteraan sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.