Penguatan Teknis Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dengan mitra TSKS dalam pengembangan PMKS di NTB

Foto Bersama Kepala Dinas Sosial NTB, Sekretaris, Kepala Bidang Lingkup Dinas Sosial NTB dan TSKS.

Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) tanggal 22 – 23 April 2019 di Hotel Lombok Plaza Mataram, dihadiri seluruh TKSK dari kabupaten/kota se NTB sebanyak 116 orang. Masing-masing 6 orang dari Kota Mataram, 10 orang Lombok Barat, 12 orang dari Lombok Tengah, 20 Lombok Timur, 5 KLU, KSB 8 orang, Sumbawa 24 orang, Dompu 8 orang, Kab. Bima 18 orang, dan 5 orang dari Kota Bima. TKSK sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) ini berada di seluruh Kecamatan.

Sambutan Kepala Dinas Sosial NTB H. Ahsanul Khalik, S.Sos.,M.H.

Dalam laporan Panitia yang dibacakan Kasi PSPKMKS bahwa tujuan Bimtek TKSK adalah untuk : 1. membangun korsa TKSK; 2. Meningkatkan sinergi dan koordinasi TKSK dengan lintas sektor; dan 3. Menguatkan peran, tugas dan fungsi TKSK.
Bimtek TKSK ini dibuka resmi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, H. Ahsanul Khalik.
“Bimtek ini diselenggarakan dengan maksud untuk melakukan pembinaan, pembekalan terhadap TKSK, dan mengoptimalkan peran, tugas dan fungsi TKSK dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial sesuai dengan amanat Permensos 28 tahun 2018 tentang TKSK.” Ungkapnya saat memberikan sambutan dan pengarahan. Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa “TKSK sebagai salah satu unsur PSKS diberi tugas, fungsi, dan kewenangan oleh Kementerian Sosial dan Dinas Sosial untuk membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial di kecamatan. Satu orang TKSK di satu kecamatan”. Di akhir sambutan, Ia berpesan agar TKSK hendaknya mampu berinovasi dalam menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), dan menjadi broker untuk menghubungkan kebutuhan PMKS dengan OPD/lembaga terkait di kabupaten/provinsi dan dunia usaha.” ungkapnya.

Acara pembukaan Bimtek ini dihadiri oleh Sekretaris dan seluruh Kepala Bidang lingkup Dinas Sosial Provinsi NTB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *