Perayaan Ulang Tahun TKSK Ke-12 di Desa Sedau Lombok Barat

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) NTB untuk pertama kalinya melaksanakan perayaan peringatan HULTAH (Hari Ulang Tahun)nya yang ke 12 di Taman Bumi Perkemahan desa Sedau Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat-NTB.


TKSK adalah singkatan dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan. TKSK adalah seseorang yang diberi tugas, fungsi, dan kewenangan oleh pemerintah untuk jangka waktu tertentu untuk membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial sesuai lingkup wilayah penugasan di Kecamatan.


Banyak sekali dari Fungsi TKSK dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial diantaranya yaitu koordinasi, fasilitasi, dan fungsi administrasi.


Keberadaan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) hanya ada satu di masing-masing Kecamatan seluruh wilayah Indonesia yang ditugaskan membantu penyelenggaran kesejahteraan sosial diwilayah dampingannya.

Di usianya yang ke 12 TKSK sudah banyak berkontribusi membantu masyarakat miskin dalam urusan penyelenggaraan dibidang sosial.
Dalam perayaaan Hultah yang ke 12 tahun, TKSK mengadakan Kemah Bakti Sosial di Bumi Perkemahan Gunung Jae Kecamatan Narmada Kab. Lombok Barat.

Kegiatan Perayaan Hultah TKSK tersebut dilaksanakan pada hari Ahad, 10 Oktober 2021 di Bumi Perkemahan Gunung Jae Desa Sedau Kecamatan Narmada dalam bentuk Out Door. 

Dalam perayaan Hultah tersebut TKSK mengadakan Bakti Sosial diantaranya melakukan penanaman pohon disekitar Tempat perkemahan, memberikan bantuan kepada masyarakat yang ada di Desa Sedau.


Dalam perayaan Hultah TKSK Provinsi NTB yang ke 12, TKSK memberikan 100 Paket bantuan berupa Beras, Sajadah, Tikar, Selimut dan Sandal yang diberikan kepada 100 orang masyarakat miskin yang ada di Desa Sedau Kecamatan Narmada.


Dalam acara perayaan peringatan Hultah TKSK tersebut dihadiri oleh Kementrian Sosial RI yang diwakili oleh ibu aski, Kadis Sosial Provinsi NTB, Kabid Dayasos, Kabid FM, Kabid Linjamsos, beberapa Kepala Dinas Sosial kabupaten/Kota, Dan TKSK se Nusa Tenggara Barat.


Dalam sambutannya Kadis Sosial NTB (H. Ahsanul Khalik) mengatakan diusia TKSK yang ke 12 ini adalah sebagai upaya konprehenship untuk kita melakukan evaluasi dan koreksi terhadap peran dinas sosial kabupaten kota, peran dinas sosial provinsi dalam sinergitas dengan TKSK.


Kadis Sosial Provinsi NTB juga mengingatkan kepada TKSK untuk menyadari peran dan posisi stategis dalam mengambil bagian-bagian penting dalam pembangunan dibidang kesejahteraan sosial di Provinsi Nusa Tenggara Barat secara khusus dan tentu dalam makna keindonesiaan secara luas.


Lebih lanjut disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial NTB sangat mengapresiasi kerja-kerja dari teman-teman TKSK se NTB yang telah membantu masyarakat dalam pelayanan penyelenggaran dibidang sosial.


Kepada Dinas Sosial berjanji kedepannya akan lebih memperhatikan teman-teman TKSK dengan syarat harus membangun komunikasi dengan baik kepada pihak terkait salah satunya dengan Dinas Sosial Provinsi NTB, pada tahun sebelumnya sebenarnya sudah dianggarkan untuk memberikan fasilitas kepada TKSK akan tetapi karena terkendala dengan Covid 19 maka semuanya jadi tertunda. 


Dalam Perayaan Hultah TKSK ke 12 yang berlokasi di Bumi Perkemahan Gunung Jae ini mengambil tema Perekat Sosial Ibu Pertiwi Merawat Negeri Sepenuh Hati. Dalam kegiatan tersebut Kementrian Sosial RI yang diwakili oleh ibu aski memberikan Penghargaan kepada 10 orang TKSK terbaik se NTB.

Kementrian Sosial RI berharap kepada teman-teman TKSK supaya lebih meningkatkan pelayanan penyelenggaraan dibidang Sosial dalam membantu masyarakat di masing-masing wilayah kerja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.