Oleh
H. Ahsanul Khalik
Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB
Shalih ibn ‘Ali al-Hâmid dalam bukunya Rihlah “Jâwâ al-Jamîlah wa Qishshah Dukhûl al-Islâm ilâ Syarq Âsiyâ” (Perjalanan [ke] Nusantara yang Elok dan Cerita Masuknya Islam ke Timur Asia) yang di itulis pada tahun 1936 M, pelancong dari Yaman, sebagaimana yang dinukil oleh Ahmad Ginanjar Sya’ban meriwayatkan informasi yang kaya, penting, dan langka akan deskripsi Nusantara pada masa penjajahan Belanda ditinjau dari sudut pandang seorang pelancong asing.
Al-Hâmid berada di Nusantara selama kurang lebih setengah tahun, menjelajahi beberapa pulau (Jawa, Bali, dan Lombok) dan menghabiskan masa-masa yang sangat mengesankan. Al-Hâmid menuliskan gambaran Pulau Jawa, Bali, dan Lombok dengan sangat detail: topografi, penduduk, adat istiadat, struktur pemerintahan dan masyarakat (Belanda totok, indo-peranakan, pendatang Cina dan Arab, dan lain-lain), lembaga pendidikan, dan juga diaspora Arab-Yaman (al-Hadhârimah) serta kiprah mereka di Nusantara.
Lombok adalah salah satu daerah yang diziarahi oleh al-Hâmid dalam rihlahnya. Ia mewartakan Lombok pada tahun 1930-an dengan ungkapan, “Tempat ini adalah gambaran Firdaus yang diberikan Allah di atas muka bumi. Firdaus yang ‘tak ada mata pun dapat melihat, telinga dapat mendengar, dan bayang pikiran dapat melintas di hati manusia’. Allah memberikan karunia kepada para penduduk negeri ini dengan alam beserta pemadangan dan kesuburannya yang tiada tara”.
Dari serpihan taman firdaus inilah salah seorang putra terbaik negeri seribu masjid dilahirkan. Muhammad Syaggaf, demikian nama pemberian orang tuanya: TGH. Abdul Madjid dan Hj. Halimatussa’diyah, yang merupakan guru ngaji kampung saat itu, tokoh agama yang cukup terpandang di Bermi Pancor. Konon jelang kelahirannya, seorang alim dari Maghribi, Syaikh Ahmad Rifa’i, pernah membisiki Guru Mukminah, panggilan ta’dhim dari jama’ah untuk TGH. Abdul Madjid, bahwa anak yang akan lahir dari rahim isterinya akan menjadi ulama besar di masanya.
Doa dan pengharapan dari al-arif billah tersebut dimaknai Guru Mukminah dengan memberikan didikan yang layak bagi sang biji mata sekalipun tak mudah mendapatkan pendidikan pada masa itu di tengah himpitan kolonialisme Belanda yang pilih kasih dalam mewadahi keinginan pribumi untuk mendapatkan akses layanan pendidikan. Saggaf adalah segelintir pribumi Sasak yang mendapatkan hak istimewa tersebut. Tak hanya sekolah formal bentukan Belanda ia sasar, pun saban hari kyai-kyai kampung yang ahli agama ia datangi demi menggali dan menimba pengetahuan: fiqih, nahwu-syaraf, balaghah, dan sebagainya.
Dahaganya akan pengetahuan menemukan aliran yang tepat ketika tahun 1923 ditemani ibundanya tercinta dan beberapa keluarga besarnya merenda perjalanan menuju sumber utama cahaya pengetahuan: Mekah. Di negeri tempat berseminya Cahaya kenabian Sang Muhammad napas intelektual Saggaf bermula. Lebih kurang 12 tahun lamanya Saggaf, yang kelak berganti nama menjadi Muhammad Zainuddin, menempa diri memupuk pemahaman agama. Pintu-pintu pemilik ilmu ia kunjungi demi memenuhi rongganya yang haus pengetahuan, namun pelataran Madrasah ash-Shaulatiyah yang didirikan oleh Syaikh Rahmatullah al-Masysyath, imigran eks pemberontak kolonialisme Inggris dari India, adalah ladang ilmu yang dirasanya dapat memenuhi pengharapannya akan ilmu-ilmu agama.
Prestasi akademiknya sangat membanggakan. Zainuddin selalu menjadi yang terbaik. Karena kecerdasan yang luar biasa, ia berhasil menyelesaikan masa belajarnya dalam kurun waktu 6 tahun dari waktu normal belajar 9 tahun. Dari kelas II, langsung ke IV. Tahun berikutnya ke kelas VI, dan kemudian pada tahun-tahun berikutnya secara berturut-turut naik kelas VII, VIII, dan IX. Studi di Madrasah ash-Shaulatiyah ia tunaikan pada tahun 1351 H/1933 M, dengan predikat istimewa (mumtaz). Ijazahnya ditulis tangan langsung oleh seorang ahli khath terkenal di Mekah saat itu, yaitu Syaikh Dawud ar-Rumani atas usul dari Mudir Madrasah ash-Shaulatiyah dan selanjutnya ijazah tersebut diserah terimakan pada tanggal 22 Dzulhijjah 1353 H.
Pemberian ijazah ini jelas tak lazim oleh karena biasanya ijazah ditulis, Si Fulan lulus dalam ujian dan menyelesaikan pelajarannya yang oleh karena itu diberikan ijazah Jayyid atau istimewa dan sebagainya. Namun, dalam ijazah Zainuddin tertulis, “Diberikan gelar yang melekat pada pemilik ijazah ini: “Al-Akh Al-Fadhil Al-Mahir Al-Kamil Al-Syaikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid al-Anfananiy” (Saudara yang mulia, sang genius sempurna, guru terhormat Zainuddin Abdul Madjid). Tak pelak, kejeniusan Zainuddin ini oleh para gurunya digelari dengan ‘Sibawaihi fi zamanihi’ (yang tak tertandingi). Nilai ijazahnya sempurna: 10 untuk semua mata pelajaran. Pun ijazahnya ditandatangani 8 guru besar pada Madrasah ash-Shaulatiyah bertanda tangan dalam ijazah, “Syahadah ma’a ad-darajah as-Syaraf al-ula” atau lebih tinggi dari predikat summa cumlaude.
Mudir ash-Shaulatiyah, Maulanas Syaikh Salim Rahmatullah dan Syaikh Muhammad Said, yang merupakan keponakan pendiri Madrasah ash-Shaulatiyah mengungkapkan kekagumannya: “Cukup satu saja murid Madrasah ash-Shaulatiyah asalkan seperti Zainuddin yang semua jawabannya menggunakan syair termasuk ilmu falak yang sulit sekalipun”. Sayyid Muhammad ‘Alawi ‘Abbas Al-Maliki Al-Makki, seorang ulama terkemuka kota suci Mekah pernah mengatakan bahwa tak ada seorang pun ahli ilmu di tanah suci Mekah, baik thullab maupun ulama, yang tidak mengenal kehebatan dan ketinggian ilmu Syaikh Zainuddin. Syaikh Zainuddin adalah ulama besar bukan hanya milik umat Islam Indonesia, tetapi juga milik umat Islam sedunia.
Selama di negeri sumur kearifan, Mekah, setidaknya Muhammad Zainuddin sempat belajar pada tiga orang guru asal Lombok dan 28 guru dari Arab dan Palembang. Dari guru-guru ini 11 orang di antaranya bermazhab Syafi’i, sedangkan 6 orang yang lain bermazhab Hanafi, dan 11 orang lagi bermazhab Maliki. Mereka kesemuanya adalah penganut faham Ahlusunnah wal Jama’ah.
Sebenarnya, Zainuddin masih berhasrat bercengkerama untuk menimba kearifan dari para masyayikh (para ulama) di Mekah, tapi panggilan untuk kembali ke negerinya: Indonesia, tak dapat ia tampik. Terbayang di ingatannya belasan tahun lampau kala pertamakali meninggalkan kampung halamannya: Lombok, yang diliputi kabut gelap kejahilan karena ditimpa penjajahan Belanda. Tahun 1934 adalah tahun harus sejenak berpisah dengan para gurunya yang mulia di Tanah Haram Mekah: suatu keputusan yang tak mudah karena tak kurang dari 12 musim haji ia nyaris tak pernah jauh dari pusaran keberkahan itu. “Anakku… Pulanglah… Negerimu membutuhkanmu,” ujar Syaikh Hasan Muhammad al-Masysyath, Sang Guru yang amat ia kagumi, menjawab dilemanya dan pikirannya yang galau. ‘Sabda’ yang tak bisa ia elakkan.
Sesampainya di kampung halamannya, Bermi Pancor Lombok Timur, ulama muda ini langsung saja dipercayai masyarakat sekampung untuk menjadi imam dan khatib—dua kedudukan terhormat dalam pandangan masyarakat kampungnya pada masa itu. Dalam waktu yang relatif singkat, ia pun telah pula dianggap sebagai seorang ulama muda. Ia pun segera pula dikenal dengan panggilan “Tuan Guru Bajang”, demikian masyarakat menyematkan tanda penghormatan atas kealiman ilmu agamanya. Maka begitulah, tidak lama kemudian ia pun telah bisa memberanikan diri untuk mendirikan Pesantren al-Mujahiddin—sekolah agama tradisional dengan memakai sistem halaqah—murid-murid tanpa kelas duduk mengelilingi sang guru. (Bersambung)